Jumat, 13 Agustus 2010

Kiat Memberikan PR

Tugas pekerjaan rumah (PR) sering menjadi sumber ketegangan antara guru dan murid. Bagi sebagian besar guru, PR merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan akademik dan mengajarkan siswa untuk menjadi pembelajar mandiri. Tantangan bagi guru adalah bagaimana caranya mendorong siswa agar mengerjakan PR dengan bersungguh-sungguh.

Apa Yang Dapat Kita Lakukan

Komunikasikan kebijakan PR dengan orantua murid. Kirim surat ke orangtua murid untuk menjelaskan tujuan pemberian tugas PR, kapan dan seberapa sering akan diberikan. Berapa waktu lamanya yang anda harapkan bagi siswa untuk mengerjakan PR, and jika memungkinkan beri tahu orangtua kemana murid bisa mendapatkan bantuan ketika menghadapi kesulitan (walikelas, guru mata pelajaran atau tutor sebaya). Dalam surat itu, kita jga memberikan saran kepada orang tua (misalnya, kerjakan soal yang lebih berat terlebih dahulu).

Buat penugasan dapat diakses lewat Internet. Jika sekolah belum menyediakan fasilitas ini, bicarakan dengan kepala sekolah untuk menyediakannya. Atau gunakan saja fasilias yang ada di TeacherWeb.com, sebuah portal yang memungkinkan kita mem-posting penugasan PR, pengumuman dan materi pendidikan lain layaknya buliten kelas kita. Dengan fasilitas ini dapat dimonitor absensi siswa dalam pengerjaan PR. Kita juga dapat mengirim email ke orangtua murid daftar penugasan yang diberikan kepada anaknya, sehingga mereka dapat memantau juga pekejaan anaknya.

Dorong murid untuk memulai mengerjakan PR di akhir kelas. Dengan demikian, siswa dapat menanyakan ihwal PR-nya dan kita dapat mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dalam pemahaman si

Beri penghargaan bagi siswa yang menyelesaikan PR secara paripurna dalam seminggu. Jadwalkan sebuah kegiatan pada hari Jumat sore bagi siswa tersebut. Bagi yang tidak, gunakan waktu tersebut untuk mengerjakan PR yang 'tertunggak', jika memungkinkan di ruang lain dengan pengawasan guru.

Siapkan sebuah map khusus PR untuk absensi siswa. Sediakan satu map khusus yang berisi penugasan dalam minggu berjalan. Siswa dapat melihat sendiri untuk mengetahui penugasan-penugasan yang mungkin terlewatkan. Sediakan lembar absensi PR, suruh siswa menandatangani lembar itu yang menunjukkan bahwa si siswa sudah mengetahui PR yang diberikan.

Suruh siswa mengisi formulir PR yang tidak dikerjakan. Bagi siswa yang tidak mengerjakan suatu PR disuruh mengisi formulir yang berisi pertanyaan berikut:
  • Apakah siswa memahami PR tersebut?
  • Mengapa tidak mengerjakan PR?
  • Apa rencananya untuk menyelesaikan PR yang tertinggal?
  • Apa yang dapat memastikan siswa tidak akan melalaikan lagi penugasan yang berikutnya?

Kewajiban mengisi formulir ini dapat menjadi faktor yang mencegah siswa tidak mengerjakan PR.  (Mengerjakan PR dianggap lebih ringan dibanding harus mengisi formulir).

Tunjuk teman yang lain sebagai mitra. Teman dapat saling membantu memastikan PR sudah tercatat dengan baik dan materinya sudah tersedia. Mereka juga dapat saling telepon atau SMS untuk mengecek kemajuan pengerjaan PR.

Tinjau banyaknya PR. Jika penugasan dianggap berlebihan, kurangi volumenya. Misalnya, kita memberikan PR untuk membuat sebuah esai panjang, perpendek menjadi 4 paragraf. Tatkala siswa merasa percaya diri bahwa kemampuannya meningkat, kita dapat meningkatkan jumlah/volume PR-nya. Jika ada siswa yang berada di bawah rata-rata, pertimbankan untuk memberikan penugasan yang berbeda. Jika motivasi, bukan kemampuan, yang menjadi faktor keengganan mengerjakan Pr, coba rancang PR yang mencerminkan minat dan kekuatan siswa.

Silahkan mencoba!

Sumber:
Education World  (dikutip dari www.duniagiuru.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar anda agar Blog ini lebih bermakna.

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567





PARIWARA

PKBM YASEMA
Pusat Remaja YASEMA
Jasa Buat Blog
Pesan Pasang Iklan
Pesan Disini!
Blog     Gambar     Video     Berita    
Topik Pilihan : Puisi Buat Guru     Pedoman BKR     Generasi Berencana     Terlambat Datang Bulan     Posisi Sex