Senin, 20 Februari 2012

Pentingnya PAUD dalam Membangung Anak Bangsa

Pendidikan sebagai suatu aspek yang ke depannya akan menemui suatu perubahan atas perkembagan zaman atau globalisasi harus dibentuk sedini mungkin yang menyangkut sumber daya di dalam pendidikan. Peserta didik merupakan sumber daya yang harus dikembangkan segala potensinya melalui pendidikan. Potensi yang dikembangkan menitikberatkan pada intelegensi dan karakter. Hal ini bertujuan untuk membentuk peserta didik yang tangguh dan siap menghadapi masa depan serta dalam ranggka membangun bangsa.

Sebagai upaya dalam membangun masa depan maka Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai pendidikan awal yang memuat berbagai aspek baik dalam membentuk intelegensi sampai membentuk karakter tentunya sangatlah tepat untuk ditumbuhkembangkan. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh, yang mencakup aspek fisik, dan non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani (moral dan spritual), motorik, akal-pikiran, emosional, dan sosial yang tepat dan benar agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Upaya yang dilakukan mencakup stimulasi intelektual, pemeliharaan kesehatan, pemberian nutrisi, dan penyediaan kesempatan-kesempatan yang luas untuk mengeksplorasi dan belajar secara aktif.

Pendidikan anak usia dini merupakan strategi pembangunan sumber daya manusia harus dipandang sebagai titik sentral mengingat pembentukan karakter bangsa dan kehandalan SDM ditentukan bagaimana penanaman sejak anak usia dini. Pentingnya pendidikan pada masa ini sehingga sering disebut dengan masa usia emas (the golden age). Pembangunan anak usia dini melalui pendidikan anak usia dini dibentuk melalui berbagai layanan seperti KB, TK, TPA, RA bahkan berusaha disinergikan melalui posyandu dan BKB yang merupakan usaha di dalam menanamkan nilai-nilai, perkembangan mulai dari jasmani sampai rohani serta dalam mengembangkan intelektual anak usia dini. Akan tetapi dalam kenyataannya layanan-layanan PAUD ini belum merata dan belum dapat disinergikan serta diintegrasikan secara menyeluruh pada masyarakat. 
Hal ini memunculkan perhatian dari dunia internasional melalui berbagai perundingan yang pada intinya akan berusaha memperbaiki layanan, mempersiapkan sumber daya yang berkualitas serta sampai pada usaha dalam meningkatkan pemerataan dalam kehidupan masyarakat. Bersamaan respon baik dari dunia internasional mengenai perhatiannya serta usahanya dalam membentuk pendidikan anak usia dini yang unggul maka hal inilah yang menjadi tonggak di dalam dunia pendidikan yang secara tersirat mengungkapkan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan suatu tahap penting di dalam menyongsong masa depan bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar anda agar Blog ini lebih bermakna.

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567





PARIWARA

PKBM YASEMA
Pusat Remaja YASEMA
Jasa Buat Blog
Pesan Pasang Iklan
Pesan Disini!
Blog     Gambar     Video     Berita    
Topik Pilihan : Puisi Buat Guru     Pedoman BKR     Generasi Berencana     Terlambat Datang Bulan     Posisi Sex