Selasa, 11 Januari 2011

Anak Jalanan Juga Punya HAK

Keberadaan anak jalanan sebagai bagian dari entitas masyarakat, tidak bisa dimungkiri. Kehadiran mereka nyata. Selayaknya anak-anak, mereka memiliki hak yang sama. Seperti hak mendapatkan akses kesehatan, pendidikan, perlindungan hingga kehidupan yang layak.

Sayangnya, hanya sedikit dari mereka yang “beruntung” bisa mendapatkan hak-hak itu. Hanya mereka yang berkesempatan dan membuka diri untuk menjadi anak asuh sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau pemerhati anak jalanan, yang bisa mencicipi sedikit dari hak-hak itu.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada tahun 2010, setidaknya jumlah anak jalanan di Indonesia mencapai 144.889 anak. Sebagian besar dari mereka ditemukan di kota-kota besar.

Namun, siapa saja yang disebut anak jalanan? Hingga saat ini belum ada definisi yang baku tentang istilah anak jalanan. Tetapi, sejumlah pihak menggunakan istilah anak jalanan pada anak-anak yang masih memiliki hubungan dengan keluarganya tapi memiliki kegiatan ekonomi di jalanan.

Pada awalnya, ada dua kategori pengelompokan anak jalanan yang dikenal. Pertama, kelompok children on the street yaitu anak-anak yang masih terikat dengan keluarganya namun memiliki aktivitas ekonomi di jalanan. Ada dua jenis pada kategori ini, mereka yang masih pulang ke rumah setiap hari dan yang pulang pada jangka waktu tertentu dengan jadwal yang tidak rutin.

Lalu kelompok kedua adalah children of the street. Mereka yang masuk kelompok ini adalah anak-anak yang menghabiskan seluruh atau sebagian besar waktunya di jalanan dan tidak memiliki hubungan atau ia memutuskan hubungan dengan orang tua atau keluarganya. Biasanya, mereka tergabung di bawah “seorang pemimpin” yang mereka hormati dan percaya.

Jurnal Nasional

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar anda agar Blog ini lebih bermakna.

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567





PARIWARA

PKBM YASEMA
Pusat Remaja YASEMA
Jasa Buat Blog
Pesan Pasang Iklan
Pesan Disini!
Blog     Gambar     Video     Berita    
Topik Pilihan : Puisi Buat Guru     Pedoman BKR     Generasi Berencana     Terlambat Datang Bulan     Posisi Sex