Sabtu, 31 Juli 2010

PROFILE YASEMA

Yayasan Setia Mandiri (YASEMA) adalah Lembaga Sosial Kemasyarakatan di Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang (Provinsi Jawa Barat), yang bergerak di bidang kesejahteraan anak dan keluarga, khususnya keluarga yang kurang mampu, dimana lembaga ini terbentuk berawal dari komunitas jalanan (Pengamen dan Anak Jalanan) dengan sebutan Keluarga Besar Pengamen Bandung (KBPB), dan Karang Taruna di wilayah Kelurahan Pasirluyu, yang melakukan perorganisiran pada tahun 1999.


Dimana pada saat itu komunitas ini hanya dapat melakukan kegiatan yang bersifat insidental saja, antara lain pesantren kilat, perkemahan bersama, peringatan Hari Besar Nasional (17 Agustusan dijalan), rekreasi / kunjungan-kunjungan ke tempat bersejarah, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Pada Tahun 2004, kedua lembaga ini bergabung dan sepakat dibentuknya suatu lembaga baru yang berbadan hukum, dan dengan bantuan Notaris Adjie Subandi Dharma Kesuma, SH, terbitlah Akta Pendirian Yayasan Setia Mandiri dengan nomor 28 / 30 Juni 2004.

Dalam eksistensinya YASEMA lebih menekankan pada keterlibatan dan partisipasi masyarakat serta unsur-unsur Pemerintahan, sehingga dapat terjalin kerjasama yang baik antara Yayasan, Masyarakat serta Pemerintah itu sendiri dalam memberikan akses pelayanan yang telah ada seperti Pendidikan, Kesehatan, Advokasi dan pemberdayaan Masyarakat.

Hal ini dilakukan dengan menitik beratkan pada kegiatan yang bersifat Observatif, Preventif, Rekreatif Edukatif yang dapat memungkinkan pelayanan Rehabilitatif, sehingga akan terjadi sebuah reunifikasi serta pemberdayaan yang optimal.

VISI :

Menuju Masa Depan yang Cerdas, Sehat, Berkeadilan, Sejahtera dan Mandiri.

MISI :

  1. Membangun dan mengembangkan pola pikir, karakter, mentalitas dan motivasi anak dan keluarga ke arah yang cerdas dan berdaya guna.
  2. Memfasilitasi serta memberikan akses pelayanan kesehatan dan membangun kesadaran masyarakat untuk berprilaku dan berkehidupan yang sehat jasmani dan rohani.
  3. Membangun, meningkatkan dan mengembangkan kesadaran masyarakat dan Pemerintah terhadap Hak Azasi Manusia, penegakkan nilai-nilai keadilan sosial bagi warga masyarakat.
  4. Turut meningkatkan kesejahteraan, Pemberdayaan dan kemandirian masyarakat. 

STRATEGI :
Dalam melakukan aktifitasnya, YASEMA melakukan usaha-usaha yang dapat mendukung terhadap kegiatan pendampingan, pembinaan dan pemberdayaan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik anak, keluarga, masyarakat serta lingkungannya dengan menggunakan pola :
“ BERBASISKAN MASYARAKAT DAN PENGORGANISIRAN ”.

RUANG LINGKUP KEGIATAN / PROGRAM : 


  • Pengadaan Rumah Belajar / Rumah Baca/Taman Bacaan.
  • Pemberian Program Beasiswa bagi anak sekolah yang kurang mampu.
  • Mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang pembiayaannya bersumber dari Pemerintah.
  • Menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Non Formal (pelatihan, keterampilan, diskusi, rekreasi, dsb)
  • Memberikan akses pelayanan advokasi anak yang bermasalah dengan sekolah.
  • Memberikan akses pendidikan lanjutan.
  • Dan lain sebagainya.
  • Memberikan Akses pelayanan kesehatan yang optimal bagi anak dan keluarga yang kurang mampu.
  • Melaksanakan kegiatan penyuluhan-penyuluhan kesehatan yang bekerjasama dengan pihak / instansi terkait.
  • Mendirikan sebuah sarana / fasilitas kesehatan masyarakat, seperti balai pengobatan, klinik, dan/atau pengadaan kendaraan Ambulance gratis bagi masyarakat.
  • dan lain sebagainya.
  • Pemberian Akses pelayanan Advokasi/perlindungan hukum bagi anak dan keluarga kurang mampu dari tindakan diskriminasi dan eksploitasi.
  • Pemenuhan hak anak dalam hal identitas diri / kewarganegaraan.
  • dan lain sebagainya.
  • Memfasilitasi bantuan modal usaha / bantuan lainnya baik langsung maupun tidak langsung yang diberikan oleh Pemerintah maupun pihak swasta.
  • Mendirikan sebuah Koperasi sebagai bentuk pemberantasan rentenir dari keluarga kurang mampu.
  • Memberikan informasi dan/atau akses lowongan pekerjaan bagi anak dan keluarga kurang mampu. dan lain sebagainya.

KELOMPOK SASARAN

  • Anak Jalanan, Anak Terlantar, Anak Korban Tindak Kekerasan
  • Keluarga Miskin Perkotaan
  • Anak Usia Sekolah yang masih sekolah
  • Anak Usia Sekolah yang Putus Sekolah (AUSPUS / Drop Out)
  • Pengangguran Usia Produktif (15 s/d 30 Tahun)Remaja
  • Ibu Rumah Tangga

PENUTUP

Terciptanya suatu tatanan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera merupakan cita-cita dan harapan semua komponen bangsa. Yang tentunya perlu didorong oleh tindakan dan kebijakan yang arif dan bijaksana. Kita semua menyadari bahwa dalam mewujudkan cita-cita dan harapan itu semua, menjadi tanggung jawab dan peranan kita sebagai bagian dari masyarakat yang memiliki idiologi Pancasila.
Untuk itu kami Yayasan Setia Mandiri (YASEMA) adalah salah satu lembaga sosial yang memiliki Visi dan Misi kedepan, tentunya mengharapkan dukungan dan kerjasama yang berkesinambungan dari seluruh pihak, agar terwujudnya kesejahteraan sosial yang hakiki.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi serta merestui segala niatan dan aktifitas kita semua. Amin.

1 komentar:

  1. alamat PIK YASEMA dibandung tepatnya di jalan apa? boleh saya minta alamat/no tlp yg bisa di tuju

    BalasHapus

Berikan Komentar anda agar Blog ini lebih bermakna.

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567





PARIWARA

PKBM YASEMA
Pusat Remaja YASEMA
Jasa Buat Blog
Pesan Pasang Iklan
Pesan Disini!
Blog     Gambar     Video     Berita    
Topik Pilihan : Puisi Buat Guru     Pedoman BKR     Generasi Berencana     Terlambat Datang Bulan     Posisi Sex